Seni membuat iklan berubah seiring dengan kemajuan zaman. Konsep, penempatan media (baik media cetak, iklan luar ruang, maupun media elektronik), dan beberapa hal lainnya telah berubah selain teknik produksi.
Di sisi lain, sejak munculnya teknologi digital dan berbagai media online yang lebih banyak tersedia untuk masyarakat umum, perubahan periklanan yang paling terlihat telah terjadi. Pengiklan yang menggunakan media online tentu perlu melakukan sejumlah perubahan pada kampanye mereka agar berhasil dan mencapai tujuan mereka. Tapi bagaimana?
Nah, berikut ini admin akan membagikan tips atau cara membuat iklan produk yang bagus dan efektif di media online. Simak dibawah ini:
Langkah-Langkah Cara Membuat Iklan Produk Lewat Online

Kenali Barang yang Ingin Anda Promosikan
Sebelum mengiklankan suatu produk, tidak diragukan lagi penting untuk memahami seluk beluknya. Gunakan pendekatan analisis SWOT yang merupakan singkatan dari Strengths atau kekuatan produk, Weakness atau kelemahan produk, Opportunity atau peluang produk, dan Threats atau hal yang mengancam produk, untuk mempelajari lebih jauh tentang suatu produk.
Ketika semua informasi tentang SWOT produk telah dikumpulkan, alasan yang masuk akal mengapa dan bagaimana iklan harus dikembangkan akan menjadi jelas. Semakin teliti seseorang memahami suatu produk, semakin akurat data atau elemen lain yang dapat dijadikan dasar untuk periklanan yang efektif.
Tetapkan tujuan iklan
Tidak diragukan lagi bahwa tujuan periklanan setiap produk itu unik. Misalnya, untuk meningkatkan lalu lintas situs, operator portal berita atau pembuat konten harus membuat iklan. Sebaliknya, pengecer internet membuat iklan untuk menarik lebih banyak pelanggan ke toko mereka dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Mirip dengan ini, pemilik restoran mempromosikan item menu atau tempat makan mereka untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Nah, sebelum membuat iklan, tujuan seperti ini harus diputuskan. Akibatnya, akan ada tolok ukur atau standar yang dapat memastikan kelayakan dan menghasilkan hasil yang dibutuhkan.
Pelajari tentang keadaan pesaing Anda dan pasar yang mereka tuju
Pemasang iklan harus terlebih dahulu mempelajari kondisi bisnis saingan atau saingan yang memiliki barang sejenis, yang juga krusial. Pengiklan dapat memperoleh dana dengan cara ini untuk lebih berhasil memasuki pasar. Secara alami, ini tidak dapat ditemukan tanpa melakukan penyelidikan ekstensif.
Perhatikan faktor-faktor termasuk perilaku pelanggan, strategi pesaing, posisi produk dan perusahaan di pasar, dan perubahan pasar yang dapat berdampak pada proses penjualan atau periklanan produk. Penting juga untuk meneliti bagaimana pesaing diposisikan di pasar dan bagaimana mereka menggunakan media internet untuk mempromosikan barang mereka. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah strategi periklanan pesaing memiliki efek menguntungkan pada pelanggan atau tidak dan bagaimana mereka diterima.
Mempelajari proses taktis yang terlibat dalam membuat iklan produk
Menghindari plagiarisme dan penyalinan sangatlah penting; sebagai gantinya, berimprovisasi dan sesuaikan konten iklan untuk merek Anda sendiri.
Tentukan Pasar Produk
Nasihat kedua adalah menentukan siapa target pasar untuk produk yang dipromosikan. Pengiklan pasti tidak akan dapat mempelajari dan memahami segala sesuatu mengingat kondisi pasar yang bervariasi dan luas. Cobalah untuk membagi pasar sebagai hasilnya.
Buat iklan menggunakan konsep orisinal
Iklan yang menonjol adalah iklan yang dibuat menggunakan konsep orisinal atau baru dan dieksekusi dengan menarik. Tim kreatif harus melakukan brainstorming untuk menghasilkan ide-ide segar, dimulai dengan pemilihan kata, frasa, dan konsep serta gambar atau visual yang ingin digunakan dalam iklan.
Bagaimana menghasilkan produk yang berkualitas Akronim “SUPER A” mengacu pada “Sederhana atau sederhana, Mengejutkan atau tidak terduga, Persuasif atau persuasif, Menghibur atau menghibur, Relevan atau terhubung, dan Dapat diterima atau dapat diterima,” dan dapat digunakan untuk mendeskripsikan iklan.
Periklanan Desain
Waktunya telah tiba untuk memilih konsep atau ide yang menurut Anda terbaik setelah mengumpulkan berbagai ide untuk iklan dan membuat desain untuk itu. Pastikan konsep dan desain iklan sesuai dengan audiens target, dan jangan malu untuk mendapatkan masukan dari orang lain yang sesuai atau relevan dengan audiens tersebut.
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat membuat iklan, antara lain AIDCA yang merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Conviction, dan Action. Menurut formula AIDCA, iklan harus memenuhi berbagai persyaratan, antara lain:
- Harus memiliki kemampuan untuk menarik perhatian.
- memacu minat.
- Tingkatkan keinginan Anda.
- Membujuk calon pelanggan.
Tawarkan Iklan
Tindakan selanjutnya yang harus diselesaikan adalah meluncurkan kampanye setelah merancang iklan dan menyesuaikannya dengan saluran pemasaran yang dipilih. Harus ada pengaturan untuk memilih spesifikasi pengiriman iklan di masing-masing kanal media iklan online. Anda dapat memilih target pasar berdasarkan faktor-faktor seperti rentang usia, demografi, industri, jenis situs, negara, dan lainnya.
Menganalisis iklan yang ditayangkan
Pengiklan harus menilai dan menganalisis iklan yang mereka tempatkan setelah kampanye berakhir. Pelajari bagaimana audiens bereaksi dan menanggapi, apakah prosesnya berjalan sesuai rencana atau tidak, dan informasi relevan lainnya.
Melacak semua informasi terkait kinerja sehingga dapat digunakan sebagai data penilaian untuk proyek periklanan online di masa mendatang. Agar Anda dapat merancang iklan produk yang lebih berkualitas dan berhasil mencapai target atau tujuan Anda, Anda dapat belajar dari kesalahan yang telah dilakukan dan mengulang aspek positif dari iklan sebelumnya.
Penutup
Sampai sini saja informasi yang bisa admin bahas, semoga informasi ini bisa menjadi pengetahuan bagi kalian yang ingin memulai membuat iklan secara online. Jika kalian ingin mendapatkan informasi terbaru lainnya bisa mengunjungi halaman utama ini.