Membuat daftar isi otomatis adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan cepat dan mudah. Penulis artikel ilmiah, buku, dll., biasanya membuat daftar isi dengan Microsoft Word.
Daftar isi menjadi penting karena selalu digunakan dalam jurnal ilmiah, buku, dan disertasi. Penggunaan daftar isi bertujuan untuk memudahkan pembaca menemukan halaman yang diinginkan.
Biasanya Anda bisa menemukan daftar isi di sampul buku, jurnal ilmiah, tesis, dan lain-lain. Daftar isi berisi urutan susunan semua judul bab dan sub bab yang juga ada dalam karya ilmiah tersebut.
Oleh karena itu, daftar isi ini menjadi panduan bagi para pembaca. Misalnya, jika Anda ingin membaca judul bab tertentu dari sebuah buku, Anda dapat langsung melihat daftar isi. Anda tidak perlu membuka buku satu per satu.
Daftar isi dapat dibuat dengan dua cara, manual dan otomatis. Namun jika menggunakan cara manual tentunya akan memakan waktu lebih lama. Apalagi jika Anda membuat artikel ilmiah dengan banyak halaman, akan lebih sulit untuk membuat daftar isi dengan tangan.
Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda bisa menggunakan cara otomatis melalui Microsoft Word. Cara ini dapat memudahkan Anda membuat daftar isi tanpa komplikasi. Baca terus artikel ini!
Mengetahui daftar isi

Sebelum membahas cara membuat daftar isi otomatis, Anda bisa berkenalan terlebih dahulu dengan daftar isi. Daftar isi merupakan bagian dari urutan judul yang ada pada setiap bab sebuah buku atau karya tulis lainnya.
Urutan setiap judul ditunjukkan dengan nomor halaman yang sesuai. Anda dapat menemukan daftar isi di halaman utama sebelum dimulainya pembahasan makalah.
Daftar isi ini memiliki fungsi penting bagi penulis artikel. Dengan adanya Daftar Isi, Anda dapat dengan mudah menemukan judul tulisan yang Anda inginkan tanpa harus memeriksanya satu per satu.
Oleh karena itu, dapat juga dikatakan bahwa daftar isi ini merupakan peta dan panduan bagi para pembaca. Pembaca dapat lebih mudah mencari informasi berdasarkan judul dan nomor halaman di Daftar Isi.
Jika Anda ingin membuat dokumen dan daftar isi, Anda dapat membuat daftar isi melalui Microsoft Word. Namun, Anda dapat membuat daftar isi menggunakan metode manual dan otomatis, bagi Anda yang ingin membuat daftar isi yang panjang dan tidak merepotkan. Anda dapat membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.
Fungsi Penggunaan Daftar Isi

Selain memudahkan pembaca untuk menemukan judul yang diinginkan tanpa harus mengeceknya satu per satu. Ternyata penggunaan daftar isi ini memiliki beberapa fungsi lain yang harus Anda ketahui. Bagi penulis atau pembaca yang ingin mengetahui hal tersebut silahkan simak penjelasan berikut tentang fungsi penggunaan daftar isi:
Menjadi Panduan bagi Pembaca
Bagi penulis, menggunakan daftar isi merupakan hal yang penting. Pembaca seringkali membutuhkan daftar isi sebagai panduan untuk menemukan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Dengan judul dan nomor halaman yang diurutkan dan disusun dalam daftar isi, pembaca akan lebih mudah menemukannya.
Kelola konten atau materi dengan baik
Fungsi lain dari penggunaan daftar isi, selain digunakan sebagai panduan bagi pembaca, adalah mengelola konten dengan baik. Saat penulis membuat sebuah karya tulis, daftar isi ini dapat digunakan untuk membantu mengatur dan menguraikan ide. Hal ini agar tidak ada pembahasan tentang suatu topik atau topik yang tersisa dalam tulisan Anda.
Berikan Gambaran yang baik untuk pembaca
Daftar isi juga merupakan gambaran umum yang baik bagi pembaca dokumen. Artikel yang berisi daftar isi dapat memberikan kesan yang baik dan profesional bagi pembaca.
Daftar isi yang teratur dapat membuat pembaca lebih memahami isi karya tulis tersebut. Selain terbiasa dengan citra isi dokumen secara umum. Pembaca akan lebih bersemangat membaca koran.
Lebih Mudah Untuk Didiskusikan
Daftar isi yang memiliki struktur dan urutan yang teratur di atas kertas dapat memudahkan pembaca untuk mendiskusikan suatu topik. Misalnya, dalam kasus kelas yang menggunakan buku yang sama.
Untuk dapat membahas suatu topik dalam buku, biasanya guru melihat daftar isi terlebih dahulu tentang pembahasan tersebut. Setelah itu, guru memberikan informasi tentang nomor halaman yang akan dibahas bersama.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Di Semua Versi

Setelah mempelajari lebih lanjut tentang daftar isi dan fungsinya, diskusikan cara membuat daftar isi. Selain melakukannya secara manual, Anda juga dapat membuat daftar isi secara otomatis. Membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dapat dilakukan dengan mudah.
Ada beberapa versi untuk membuat daftar isi yang dapat Anda mulai dari versi Windows, WEB, dan macOS. Untuk membuat daftar isi dari setiap versi kursus ada sedikit perbedaan.
Anda harus beradaptasi dengan perangkat lunak perangkat Anda. Buat kamu yang penasaran dengan cara membuat daftar isi versi yang berbeda-beda, simak penjelasannya berikut ini.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Versi Microsoft Word Untuk Windows

Pertama, pembahasan tentang cara membuat daftar isi Microsoft Word otomatis menggunakan versi Windows. Bagi Anda yang belum mengetahui cara membuat daftar isi dengan versi Windows. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini:
- Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka dokumen yang akan Anda tambahkan daftar isi di Microsoft Word.
- Jika terbuka, Anda dapat mengklik menu referensi atau referensi di opsi menu Microsoft Word.
- Kemudian pilih menu Daftar Isi.
- Setelah itu, beberapa opsi pemformatan daftar isi akan muncul. Kemudian Anda dapat memilih format Tabel 1 Otomatis atau Tabel 1 Otomatis.
- Microsoft Word akan langsung membuat daftar isi otomatis yang berisi judul dan subtitle beserta nomor halaman tulisan Anda.
- Jika Anda ingin menambahkan judul atau subtitle baru, Anda juga harus memperbarui daftar isi secara otomatis.
- Untuk memperbarui daftar isi, Anda dapat mengklik menu referensi. Anda kemudian dapat memilih tabel yang diperbarui.
- Kemudian pilih salah satu nomor halaman yang diperbarui hanya untuk memperbarui nomor halaman saja. Saat memperbarui seluruh tabel untuk mengganti seluruh daftar isi. Selesai.
Langkah-langkah untuk membuat daftar isi otomatis Versi Web Microsoft Word

Selain menggunakan versi Windows, Microsoft juga menyediakan platform website online untuk software Microsoft Word. Anda dapat menggunakan versi web Microsoft untuk membuat daftar isi otomatis dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word di web:
- Akses Microsoft Word melalui situs web Microsoft.
- Untuk membuat daftar isi otomatis, Anda dapat mengklik referensi diikuti dengan memilih daftar isi. Kemudian klik Sisipkan Daftar Isi.
- Kemudian akan ada tampilan Daftar isi yang menunjukkan judul dan jumlah halaman yang terdapat dalam file Anda.
- Jika Anda menambahkan atau memperbarui konten postingan Anda, daftar isi otomatis juga harus diperbarui. Klik referensi dan perbarui daftar isi.
- Setelah itu, daftar isi Anda telah diperbarui.
Buat daftar isi otomatis untuk Microsoft Word versi Macos

Membuat daftar isi otomatis Microsoft Word versi macOS dapat dilakukan dengan cepat. Rute yang akan dilakukan tidak jauh berbeda dengan rute sebelumnya. Bagi Anda yang sedang menggunakan versi macOS, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah membuat daftar isi di bawah ini:
- Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat daftar isi otomatis adalah mengklik halaman yang ingin Anda gunakan.
- Kemudian, Anda dapat mengklik menu referensi, lalu pilih Daftar Isi dan pilih daftar isi otomatis.
- Setelah itu, Microsoft Word akan otomatis membuat daftar isi yang berisi judul, subtitle, dan nomor halaman.
- Seperti cara sebelumnya, jika ada konten tambahan yang mengharuskan Anda menambahkan daftar isi. Anda perlu memperbarui daftar isi.
- Klik Referensi dan pilih Perbarui Tabel. Kemudian pilih salah satu opsi yang ada dan daftar isi akan diperbarui secara otomatis.
Berikut ini adalah cara Anda dapat membuat daftar isi otomatis sesuai versi yang Anda inginkan. Cara di atas bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda Ya. Tidak terlalu banyak perbedaan dalam membuat daftar isi, meskipun Anda menggunakan versi yang berbeda.
Akhir Kata
Sekarang Anda tahu cara membuat daftar isi otomatis sehingga Anda dapat membuatnya dengan cepat dan mudah. Beginilah cara artikel membahas cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word di semua versi. Selamat mencoba cara ini dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!